5 Cara Memperkenalkan Budaya Lokal Saat Berlibur dengan Anak



Ide liburan sekolah yang dilakukan keluarga biasanya hanya terfokus pada aktivitas menyenangkan untuk rehat dari rutinitas. Namun, ada baiknya orang tua tetap mempertimbangkan kegiatan yang juga bermanfaat untuk memberikan pengalaman yang seru sekaligus mendidik untuk anak.
Kalau kebetulan dapat harga tiket pesawat murah, bukan tidak mungkin liburan sekolah kali ini bisa sekaligus berkunjung ke lebih dari satu tempat. Nah, ada beberapa rencana aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Meski hanya melakukan aktivitas sederhana, anak bisa mendapatkan pengalaman dan secara langsung mempelajari keberagaman budaya.

1. Memilih penginapan dengan program hiburan anak
Berbagai macam fasilitas menginap di hotel sudah menawarkan banyak layanan menarik untuk keluarga yang ingin staycation. Nah, dapatkan lokasi menginap yang nyaman dengan fasilitas hiburan lokal yang ramah anak. Biasanya jika pesan sejak beberapa minggu sebelumnya, bisa dapat tawaran harga yang lebih bersahabat.

Nah, mau cari penginapan dengan fasilitas jempolan di waktu terbatas? Bisa juga manfaatkan fasilitas pemesanan lewat online travel agent (OTA) seperti Traveloka. Fasilitas penginapan juga biasanya sudah dibuat dalam satu paket hemat dengan penerbangan. Jadi, bisa persiapkan liburan keluarga dengan lebih nyaman dengan pakai beragam tawaran promonya.

2. Beli oleh-oleh dari pusat kerajinan lokal
Meskipun sedang masa liburan anak, tetap saja ada rutinitas untuk beli oleh-oleh buat kerabat dan kolega. Beli souvenir unik bisa jadi pilihan yang praktis dan juga menyenangkan buat dilakukan bersama keluarga. Kalau bisa, kunjungi toko souvenir yang merangkap tempat pembuatannya. Jadi, anak-anak bisa melihat cara pembuatan souvenir lokal sambil menunggu orangtua memilih oleh-oleh untuk dibawa pulang.

3. Berkunjung ke pasar tradisional
Selain souvenir, oleh-oleh yang paling praktis untuk dibawa setelah liburan adalah makanan. Ya, tidak ada yang bisa menolak daya tarik kuliner. Untuk mendapatkan pengalaman membeli kuliner murah dengan rasa khas, biasanya bisa berkunjung ke pasar tradisional. Libatkan anak-anak untuk ikut ke pasar dan merasakan bagaimana proses transaksi berlangsung.

Melalui interaksi yang terjadi, anak-anak bisa melihat bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan perbedaan budaya dan mungkin bahasa. Bukan tidak mungkin, anak-anak juga akan tertarik untuk memperkaya kemampuan bahasanya dengan belajar dari lingkungan sekitar.

4. Ikut kelas memasak
Selain membeli oleh-oleh dari pasar tradisional, daya tarik khas dari suatu lokasi wisata juga bisa didapatkan dengan mencoba memasak. Nah, cobalah untuk mencari agenda memasak makanan khas bersama keluarga. Asyiknya memasak bisa sekaligus mengajarkan anak-anak untuk mengenal cita rasa lain yang mungkin belum pernah dicobanya.

Saat memilih kelas memasak, pastikan anak-anak terlibat pada proses pembuatannya. Kegiatan seperti ini secara tidak langsung bisa mengajarkan kerja sama meskipun anak-anak hanya terlibat dalam proses mengaduk atau mengiris bahan makanan. Namun, akan ada perasaan puas dan bangga saat hidangannya sudah selesai dimasak.

5. Mengunjungi permukiman penduduk lokal
Menginap di hotel atau penginapan yang nyaman memang memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak. Namun, sebaiknya sempatkan juga untuk berkunjung ke permukiman warga lokal. Saat ini sudah banyak juga layanan pemandu wisata yang menawarkan jasa kunjungan ke daerah penduduk lokal. Alternatif ini bisa menjadi salah satu agenda yang aman sekaligus menyenangkan untuk mengajarkan anak-anak tentang lingkungan dan keragaman budaya.

Jadi, buat yang sudah punya rencana berlibur di liburan sekolah saat ini, pastikan untuk memanfaatkan waktu dengan aktivitas yang tepat bagi anak-anak ya.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Memperkenalkan Budaya Lokal Saat Berlibur dengan Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel