Ketahui Kegunaan SHM Atau Sertifikat Hak Milik


Ketahui Kegunaan SHM Atau Sertifikat Hak Milik! Dengan Anda membeli rumah Anda tentunya harus mengetahui atau memiliki SHM. Karena sertifikat hak milik atau SHM adalah bukti kepemilikan tanah yang menempati  bukti tertinggi di mata hukum dan memiliki manfaat paling besar bagi pemiliknya.

Memiliki rumah sendiri memang impian banyak orang, dengan memiliki rumah sendiri membuat  hidup jadi lebih nyaman dan tenang. Namun Anda belum bisa tenang jika tidak memiliki sertifikat hak milik. Perlu Anda ketahui dengan membeli rumah Anda harus mengetahui hal terpenting ini. Mengapa  seperti itu? Karena sertifikat hak milik bisa dibilang sebagai dokumen kepemilikan tanah atau rumah yang menduduki kasta tertinggi dan paling kuat dari sisi hukum.

Ketahui Kegunaan SHM Atau Sertifikat Hak Milik

Jadi jika Anda hendak membeli rumah atau sebidang tanah, penting untuk mengetahui status sertifikat tanahnya terlebih dahulu. Dan apabila status tanah tersebut belum bersertifikat hak milik atau SHM, segera urus sertifikat tanah tersebut. Coba ketahui keunggulan SHM atau Sertifikat Hak Milik lewat beberapa poin berikut, seperti:

  • Apa Pengertian dari Sertifikat Hak Milik
  • Apa Kegunaan Sertifikat Hak milik

Sertifikat hak milikimemiliki kegunaan atau kekuatan untuk memberikan wewenang untuk mempergunakan tanah yang bersangkutan, juga bumi, air, dan ruang yang berada di atasnya. Menurut peraturan perundang-undangan yang mengatur masalah pertanahan di Indonesia yaitu Undang-Undang  pokok atas kepemilikikan rumah atau tanah tersebut.

Hak atas tanah ini dapat diberikan dan di miliki oleh orang, baik sendiri-sendiri maupun bersama orang lain, ataupun badan hukum.  Walaupun semua hak atas tanah memberikan kewenangan bagi pemegang untuk menggunakan tanah yang tercantum dalam sertifikat. Tetapi masing-masing hak memiliki ciri khusus yang Anda miliki tersebut. Tujuan dengan penggunaan tanah dan batas waktu penggunaan tanah pun berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya Anda bisa simak di situs https://artikel.rumah123.com/.

Apa yang Anda Ketahui Mengenai Sertifikat hak Milik? 


Sertifikat hak milik atas tanah adalah atas nama hak turun-temurun, terkuat, dan terpenuh yang dimilikinya.  Mengapa demikian? Seperti yang tercantum dalam Pasal 20 dalam undang -undang UUPA, hak milik atas tanah adalah hak turun-temurun. Nama terkuat dan terpenuh yang dapat dimiliki orang atas tanah tersebut.

Nama orang atau hak milik atas tanah memberikan kewenangan untuk menggunakannya bagi segala macam keperluan dengan jangka waktu yang tidak terbatas. Jika Anda tidak mengganti nama maka hak milik atas tanah dapat berlangsung terus selama pemiliknya masih hidup.

Namun ketika hak nama pemiliknya yang tertera di sertifikat meninggal dunia maka tanah tersebut menjadi milik hak waris. Dan serta tidak bertentangan dengan ketentuan-ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

dengan memiliki tanah atau rumah dengan status hak milik jelas jauh lebih bergengsi jika dibanding dengan tanah berstatus haak guna usaha dimana Anda hanya memiliki hak untuk mengusahakan tanah yang dikuasai langsung oleh negara dalam jangka waktu tertentu, namun tidak memiliki hak untuk memilikinya.

Dengan memiliki sertifikat hak milik atas nama Anda, maka tanah itu bisa memberi Anda keuntungan. Tanah atau rumah yang Anda miliki selain dapat dijual untuk mendapatkan dana segar, juga dapat digadaikan sementara. Dan juga dijadikan jaminan untuk meminjam dana ke bank, disewakan, diwakafkan, dan tentu saja dapat diwariskan kepada anak cucu tercinta.

Nah, itulah ulasan dari artikel kami mengenai kegunaan sertifikat hak milik. Semoga dengan adanya informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Kegunaan SHM Atau Sertifikat Hak Milik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel